Profile

Jam’iyah Dirosah Qur’aniyah Lembaga Pengajaran dan Pengembangan Al-Qur’an (LPPQ) Al-Karim didirikan dan diasuh oleh KH. Muhammad Sholeh Qosim, M.Si. Lembaga dengan nilai-nilai dakwah dan kemanusiaan ini dimulai dari pengajian setiap sabtu malam di bilik ruang Madrasah Ma’arif Jogosari tahun 1992 silam dengan beberapa jamaah (santri) yang hadir untuk saling membaca dan menyimak bacaan al-Qur’an secara bergantian. Materi tambahan lainnya setelah tadarus al-Qur’an adalah tajwid, fiqh,tauhid, dasar-dasar tasawwuf. Saat itu beliau merupakan salah satu guru pengajar di Madrasah Ma’arif tersebut.

Pada bulan September tahun 1998 Kiai Sholeh, panggilan akrab beliau, berpindah dari Pandaan dan menetap di Sidoarjo, kemudian beliau meneruskan kegiatan pengajian yang telah berjalan di Pandaan dengan jamaah pengajian yang dikelompokkan sesuai dengan angkatan dan kemampuannya mulai dari kelas dasar dengan materi tahqiq juz ‘amma, tadarus, tarjim dan seterusnya.Jamaah yang hadir untuk mengikuti kegiatan pengajian cukup bervariasi terdiri dari mahasiswa, buruh pabrik, hingga PNS. Dalam perkembangannya yang kian pesat, perkumpulan pengajian ini diresmikan sebagai lembaga sehingga ruang geraknya lebih luas dan terstruktur.

LPPQ Al Karim berkomitmen untuk mengembangkan kapasitas sumber daya manusia dan membumikan Al-Qur’an di masyarakat. Kegiatan-kegiatan yang diadakan bertujuan untuk membekali guru-guru Al-Qur’an. Untuk semakin menjawab tantangan di masyarakat, pelatihan yang diberikan juga semakin bertambah seperti Pelatihan Sholat Sempurna (mengacu pada bukuTuntunan Sholat Seperti Nabi SAW yang ditulis Kiai Sholeh), Pelatihan Merawat Jenazah, hingga Pelatihan Khotib, Bilal, dan Imam Masjid.

Dibentuk juga eLZIS Al-Karim sebagai badan pengelola dana umat yang mengawal kegiatan-kegiatan dakwah jamaah. Hingga November 2017, terdapat 1915 donaturdan 66 relawan aktif di Pasuruan, Mojokerto dan Sidoarjo yang berkontribusi melalui harta dan tenaganya.

Yai Sholeh mengajarkan untuk selalu ta’dzim kepada semua guru yang telah mengajarkan ilmu. Hingga kini nasihat hingga teladan yang beliau contohkan itulah yang terpatri dalam hati jamaah dan menjadikan beliau guru yang dihormati dan disegani.