Menjelajahi Negeri Kinanah bersama 𝐆𝐔𝐒 𝐌. 𝐍𝐀𝐇𝐉𝐔𝐋 π…πˆπŠπ‘πˆ bin KH. Muhammad Sholeh Qosim,

Pantas jika Mesir diberi gelar negeri Kinanah atau negeri para Nabi, hampir di setiap jengkal wilayahnya terdapat jejak para Nabi, keluarganya, sahabatnya hingga para Imam. Bila berkunjung ke Mesir, sebaiknya tidak terfokus kepada peninggalan Firaun saja, tetapi cukup layak jika kita menyempatkan diri berziarah ke makam para Nabi, keluarga, juga sahabatnya & para Imam yang berada di seantero lembah Nil itu.
Berkesempatan perjalanan religi pada bulan Ramadhan. Gus M. Nahjul Fikri berangkat dari negara Sudan menuju kota Mesir pada hari Ahad tanggal 10 April 2022 dini hari. Setibanya di kota Kairo Mesir hari Senin, 11 April 2022 pukul 04.06 waktu shalat subuh.
Saat sore hari bersiap untuk berbuka puasa di rumah Ustadzah Ana, Lc dan suaminya Ustadz Alfan, Lc. Ustadzah Ana merupakan putri dari Ustadzah Kholifah Jamaah dan Aktivis LPPQ Al-Karim Pandaan Pasuruan.
Saking asiknya ngobrol mengenang masa lalu di PP. Darul Falah Jepara Jawa Tengah dan cerita kisah para amtsilati luar negri tak terasa waktu menunjukkan jam 9 malam.
Gus Nahjul bersama temannya pun bergegas untuk ziarah di Makam Sayyidina Hussein bin Sayyidina Ali Rasulullah SAW. Namun, mereka tidak bisa masuk di Makam Sayyidina Hussein bin Sayyidina Ali Rasulullah SAW, karena makam sedang di renovasi. Makam Sayyidina Hussein berada di dalam Masjid. Kala itu mereka juga tidak bisa masuk masjid karena sudah melewati waktu shalat bertepatan juga waktu itu ada Syekh Ali Jum’Γ‘h berada dalam masjid dalam penjagaan ketat oleh aparat kepolisian.

Gus Nahjul berziarah ke Makam Sayyidina Husein,

 

Makam Sayyidina Hussein bin Ali Cucu Rasulullah SAW dimakamkan di Masjid Hussein, dibangun tahun 1154 Masehi. Berada di sekitar kompleks Kairo lama, berhadapan masjid Al-Azhar & hanya beberapa meter dari Azhar Park Mesir.

Riwayat mengisahkan, makam ini hanya berisi kepala Sayyidina Hussein, sementara jasadnya dimakamkan di Padang Karbala, tempat di mana Sayyidina Hussein gugur pada pertempuran Karbala, Irak.

Makam Sayyidina Hussein berada tepat di belakang mimbar masjid. Berbentuk persegi empat berwarna keperakan berhiaskan ayat suci Al Quran & bertuliskan nasab beliau dengan banyak bunga. Pagar setinggi dada orang dewasa mengelilingi makam.

bersambung…

see you next artikel…